BANGGA MENJADI GURU

Oktober 20, 2009

Kepribadian

Filed under: Psikologi — sabrinafauza @ 5:26 am

Kepribadian sesungguhnya adalah sesuatu yang abstrak, sukar dilihat ataudi ketahui secara nyata. Yang dapat diketahui adalah penampilan atau berkasnya dalam segala segi dan aspek kehidupan. Misalnya dalam tindakannya, ucapan, caranya bergaul, berpakaian, dan dalam setiap menghadapi persoalan atau permasalahan baik yang ringan maupun yang berat.

Kita akan lebih baik melihat kepribadian itu secara terpadu (integreted) atau tidaknya. Kepribadian terpadu dapat menghadapi segala persoalan dengan wajar dan sehat, karena segala unsur dalam kepribadian bekerja secara seimbang dan serasi. Pikirannya mampu bekerja dengan tenang, setiap masalah dapat dipahaminya secara obyektif.

Menurut penelitian ahli jiwa terbukti bahwa semua pengalaman yang dilalui orang sejak lahir merupakan unsur-unsur dalam pribadinya. Bahkan lebih jauh lagi dikatakan bahwa janin dalam kandungan telah mendapat pengaruh dari keadaan orang tua, terutama ibunya.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa pembinaan kepribadian telah dimulai dalam keluarga sejak ia lahir bahkan sejak dalam kandungan. Karena itu kepribadian seseorang tubuh dan berkembang tergantung pada pengalamannya. Sikap dan pandangan hidup orang tuanya dapat mempengaruhi tebentuknya kepribadian seperti; sopan santu dalam bergaul, ketekunan menjalankan ibadah dan kepatuhan terhadap ketentuan agama. Serta melaksanakan niali-nilai agama menjadi salah satu yang mempengaruhi juga.

Karyawan tidak terlepas dari persoalan berbagai pengalamn yang dilalunya sejak kecil samapi kepada masa bertugas sebagai karyawan. Persoalan yang sedang dihadapi dan telah dialului membawa pengaruh terhadap sikap dan caranya memandang dan menghadapai tugasnya secara umum.

Boleh jadi karyawan itu sebenarnya tidak senang dengan pekerjaannya, akan tetapi ia menjadi karyawan pada organisasi tersebut hanyalah sekedar untuk mencari nafkah, maka pekerjaannya sebagai guru dinilainya dari segi materi. Apabila yang dipandang materi atau hasil yang diterimanya, juga ia sangat peka terhadap hal atau persoalan yang ditemukannya dalam tugasnya, misalnya soal aministrasi, kenaikan pangkat, hubungan dengan pimpinan, dan sebagainya. Tindakan dan sikapnya terhadap teman sekerjanya akan berpengaruh pula, hal itu pun dapat merusak atau mengurangi hasil atau nilai kerja dan berdampak pada prodktifitas perusahaan.

Kita semua dilahirkan dengan rangkaian kekuatan dan kelemahan kita sendiri dan tidak ada rumus ajaib yang dapat bekerja seperti mukzizat bagi kita semua. Kepribadian Plus yang diciptakan oleh Hippocrates melihat kepada diri kita masing-masing sebagai individu yang merupakan campuran dari watak dasar dan mendorong kita untuk mengenal ” Saya Yang Sesungguhnya” dari dalam sebelum berusaha mengubah apa yang tampak pada permukaan.

Dalam kepribadian Plus ini, apakah anda tergolong :
* Seorang Senguis, yang spontan, lincah dan periang.
* Seorang Melankolis, yang penuh pikiran,setia, tekun.
* Seorang Koleris, yang suka petualangan, persuasif,
percaya diri.
* Seorang Phlegmatis, yang ramah, sabar, puas.

Sebagai manusia kita memiliki kepribadian. Agar kehidupan kita mencapai perkembangan yang optimal, maka seyogyanya ada upaya pada diri kita selain menempa intelektual kita, perlu juga menempa kepribadian. Salah satu cara mengembangkan kepribadian adalah melalui teori Kepribadian Plus.

Kepribadian merupakan tolok ukur untuk kelancaran Interaksi Sosial.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: